Pengertian Algoritma :
Algoritma adalah urutan langkah - langkah logis penyelesaian masalah yang di susun secara sistematis dan logis.
Langkah - langkah algoritma haruslah logis dan dapat juga ditentukan untuk nilai salah atau benar.
Pemilihan Algoritma :
Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya, seperti Pascal, C, dll. Sehingga lebih tepat menggambarkan Algoritma.
Contoh Kasus :
Demikian pembahasan awal tentang algoritma, masih akan banyak pembahasan - pembahasan algoritma yang akan diposting dalam blog sederhana ini.
Algoritma adalah urutan langkah - langkah logis penyelesaian masalah yang di susun secara sistematis dan logis.
Langkah - langkah algoritma haruslah logis dan dapat juga ditentukan untuk nilai salah atau benar.
Pemilihan Algoritma :
- Algoritma harus benar untuk mencapai hasil yang diinginkan atau benar.
- Harus tau seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut.
- Memiliki Efisiensi waktu dan memori.
Perbedaan Algoritma & Program :
- Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedang metode dan tahapan sistematis dalam program adalah Algoritma.
- Program ditulis dengan bahasa pemrograman. Sehingga program adalah implementasi dari bahasa pemrograman.
Algoritma & Struktur Data sangat berhubungan erat pada sebuah program. Jika Algoritrma baik tapi struktur data yang digunakan tidak tepat dalam pembuatan program maka akan menjadi kurang baik.
Keuntungan Algoritma :
- Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun
- Notasi Algoritma dapat diterjemahkan dalam bahasa pemrograman apapun
- Apapun bahasa pemrograman, output akan sama karna algoritma sama di bahasa pemrograman apapun
Penyajian Algortima :
- Penyajian Algoritma dapat dengan tulisan dan gambar. Bentuk Algoritma Tulisan dengan struktur bahasa tertentu ( Bahasa Indonesia atau Inggris ) dan pseudocode.
- Algoritma dengan Gambar misalnya dengan flowcart.
Flowchart sendiri adalah Gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan antara proses beserta pernyataannya. Gambar dinyatakan dengan symbol, antara proses digambarkan dengan garis penghubung.
Berikut Simbol - Simbol Flowchart
- Buatlah sebuah rancang program dengan menggunakan Pseudocode dan Flowchart menghitung luas segitida dengan ukuran alas 3 cm dan tinggi 7 cm. ( Rumus Luas Segitiga : 1/2 x Alas x Tinggi )
Jawaban :
* Materi dari Dosen Pengajar : Bapak I Made Gede Sri Artha, ST *
Komentar
Posting Komentar