Langsung ke konten utama

ALGORITMA

Pengertian Algoritma :

Algoritma adalah urutan langkah - langkah logis penyelesaian masalah yang di susun secara sistematis dan logis.
Langkah - langkah algoritma haruslah logis dan dapat juga ditentukan untuk nilai salah atau benar.

Pemilihan Algoritma :
  1. Algoritma harus benar untuk mencapai hasil yang diinginkan atau benar.
  2. Harus tau seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut.
  3. Memiliki Efisiensi waktu dan memori.

Perbedaan Algoritma & Program :
  • Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedang metode dan tahapan sistematis dalam program adalah Algoritma.
  • Program ditulis dengan bahasa pemrograman. Sehingga program adalah implementasi dari bahasa pemrograman.
Program = Algoritma + Bahasa ( Struktur Data )

Algoritma & Struktur Data sangat berhubungan erat pada sebuah program. Jika Algoritrma baik tapi struktur data yang digunakan tidak tepat dalam pembuatan program maka akan menjadi kurang baik.

Keuntungan Algoritma :
  1. Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun
  2. Notasi Algoritma dapat diterjemahkan dalam bahasa pemrograman apapun
  3. Apapun bahasa pemrograman, output akan sama karna algoritma sama di bahasa pemrograman apapun
Penyajian Algortima  :
  • Penyajian Algoritma dapat dengan tulisan dan gambar. Bentuk Algoritma Tulisan dengan struktur bahasa tertentu ( Bahasa Indonesia atau Inggris ) dan pseudocode.
Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya, seperti Pascal, C, dll. Sehingga lebih tepat menggambarkan Algoritma.
  • Algoritma dengan Gambar misalnya dengan flowcart.
Flowchart sendiri adalah Gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan antara proses beserta pernyataannya. Gambar dinyatakan dengan symbol, antara proses digambarkan dengan garis penghubung.

Berikut Simbol - Simbol Flowchart

Contoh Kasus :
  • Buatlah sebuah rancang program dengan menggunakan Pseudocode dan Flowchart menghitung luas segitida dengan ukuran alas 3 cm dan tinggi 7 cm. ( Rumus Luas Segitiga : 1/2 x Alas x Tinggi )
Jawaban :
  • Pseudocode :
            1. float Alas    = 3;
            2. float Tinggi = 7;
            3. float Luas    = 0,5 x alas x tinggi;
            4. Print(Luas);
  • Flowchart :
Demikian pembahasan awal tentang algoritma, masih akan banyak pembahasan - pembahasan algoritma yang akan diposting dalam blog sederhana ini.


* Materi dari Dosen Pengajar  : Bapak I Made Gede Sri Artha, ST *



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 ALGORITMA : PERCABANGAN

Soal : Buatlah program penentuan bonus bagi pembeli berdasarkan total pembelian yang dimasukkan, dimana kriterianya adalah jika total pembelian lebih dari 100.000 maka pembeli mendapatkan diskon sebesar 10%, jika total pembelian kurang dari 100.000 dan lebih dari 50.000 maka pembeli mendapatkan sebuah piring cantik, jika total pembelian kurang dari 50.000 dan lebih dari 10.000 maka pembeli mendapatkan sebuah gelas cantik, selanjutnya jika total pembelian kurang dari 10.000 maka pembeli tidak akan mendapatkan bonus! Jawaban: Bahasa Algoritma & Pseudecode Flowchart Source Code Demikian jawaban untuk Tugas Algoritma Percabangan yang diberikan oleh Dosen saya yaitu bapak I Made Gede Sri Artha,ST Terima kasih telah berkunjung di blog sederhana ini... 😁

TUGAS 2 ALGORITMA - VARIABEL DAN RUNTUNAN

Tugas 2 Algoritma : Soal : Buatlah Program untuk menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan dari 2 bilangan bulat! Jawaban : Buatlah program yang menerima sebuah masukan dan menampilkan hasil kuadrat dari bilangan  masukan ! Jawaban : Buatlah program yang menerima 2 buah masukan bilangan bulat untuk menghitung keliling persegi panjang ! Jawaban : 

MENGENAL OPERATOR

Operator adalah simbol atau tanda yang jika diletakkan pada dua buah operand dapat  menghasilkan sebuah hasil, operator berupa simbol yang digunakan untuk menyusun suatu ekspresi dengan melibatkan satu atau beberapa operand. Contohnya pada matematika dimana tanda tambah (+) jika diletakkan di antara dua buah angka menghasilkan angka lain hasil pertambahan dari dua angka tersebut. Tanda tambah inilah yang disebut dengan operator. Ditinjau dari jumlah operand yang dilibatkan dalam sebuah operator, terdapat 3 macam operator. Operator Unary, yaitu operator yang hanya melibatkan sebuah operand.     Contoh :             +1              -1 Operator binary, yaitu operator yang melibatkan dua buah operand .     Contoh :             2*3             5+2 Operator tertiary, yaitu operator yang melibatkan tiga buah operand.     Conto...